Sunday, February 28, 2010

MULAI SEKARANG MINTA TIKET PARKIR

Terkadang kita cuek dengan kebiasaan ini, yakni minta karcis parkir. Kalo karcis yang diberikan oleh pengelola parkir di gedung atau di mal barangkali kita minta ya, karena bakal di-reimbush ke kantor, ya nggak? Itu kalo kebetulan kita sedang bertugas. Yang saya maksud minta karcis parkir adalah karcis parkir pada saat kita parkir off street atau di jalanan.

Lho ngapain juga minta tiket?

Tahukah Anda, harga satu jam parkir di jalan saat ini? Rp 1.500, cong! Artinya, kalo Anda memberikan Rp 2.000 pada tukang parkir, maka Anda rugi Rp 5 ratus perak. Buat Anda sedikit, tetapi kalo Anda kumpulkan Rp 5 ratus bisa jadi Rp 1 juta.

Barangkali Anda pikir saya pelit, kikir, dan terlalu usil dengan urusan perparkiran. Ya, terserah Anda. Tetapi dengan Anda minta karcis parkir, maka Anda bisa melakukan banyak hal.

Pertama, menolong diri si Juru Parkir menjadi jujur. Saya baru tahu harga tiket parkir off street Rp 1.500 setelah saya iseng-iseng minta, karena si Juru Parkir menagih saya Rp 4.000, padahal baru pakir mobil sekitar 1 jam. Coba kalo si Juru Parkir nggak ngasih tiket parkir, dia pasti akan menagih sembarangan ke mereka yang pakir dengan tarif sesuka hatinya, dan bilang ke Dinas Pendapatan kalo parkir di tempatnya nggak strategis, karena terbukti karcis pakir masih tetap utuh.

Selain memaksa kejujuran si Juru Parkir, juga membantu Pemerintah Kota (Pemkot) melakukan tindakan manipulasi pendapatan dalam perparkiran. Yaiyalah! Wong karcis parkir adalah bukti otentik pendapatan dalam perparkiran. Kalo kita nggak minta karcis, maka dana nggak jelas pendapatannya. Nggak ada ukurannya.




Belakangan Pemkot DKI kewalahan dengan pengawasan perparkiran di gedung. Pengelola parkir seenaknya menaikkan parkir, meski belum ada peraturan Pemkot soal kenaikkan. Nah, pengelola parkir yang bisa mengeluarkan tiket parkir aja membuat kewalahan Pemkot, apalagi Juru Parkir-Juru Parkir yang nggak memberikan karcis parkir, ya pasti akan menyulitkan Pemkot saat melakukan audit. So, sebisa mungkin mulai sekarang mintalah tiket parkir pada Juru Parkir off street.

No comments: