Monday, December 12, 2011

FB MARIO TEGUH TEMBUS 5 JUTA FANS: "KEBAIKAN PASTI MENEMUKAN JALAN"

Golden Ways adalah jalan kebaikan. Ketika seseorang berdoa pada Tuhan untuk minta petunjuk agar diberikan jalan kebaikan, orang tersebut menemukan Golden Ways. “Dan saya senang sekali jika akhirnya Tuhan menemukan saya pada orang tersebut,” ujar Mario Teguh.

Mario Teguh dan Golden Ways memang tak bisa terpisahkan. Melalui Golden Ways, Mario menyebarkan konsep kebaikan dengan pendekatan universal, sehingga konsep kebaikan tersebut dapat diterima oleh banyak orang. Tanpa membedakan darimana asalnya, maupun agamanya.

Banyak sekali komentar di FB yang mengatakan, bahwa mereka seringkali berdoa untuk menemukan kebaikan dan akhirnya mereka menemukan saya di FB,” tambah pria kelahiran Makassar, 5 Maret 55 tahun lalu ini. “Kebaikan pasti menemukan jalan”

Benih-benih kebaikan yang disebarkan Mario berbuah hasil. Tepat di awal bulan November 2011 ini, jumlah fans-nya di Facebook menembus angka 5 juta fans. Ketika saya menulis tulisan ini, jumlah fans-nya sudah mencapai 5,019.500 juta.

Awalnya tak terpikirkan oleh Mario tentang kedahsyatan FB. Pria yang sempat bekerja di Head of Sales Citibank (1983–1986), kemudian mendirikan Bussiness Effectiveness Consultant, Exnal Corp, Chief Executive Officer (CEO) dan Senior Consultan ini mengaku gaptek. “Istri saya yang memaksa saya mencoba menggunakan social media, dalam hal ini FB,” ungkap Mario mengingat.

Akun FB atas nama Mario Teguh pertama kali dipublikasikan pada 1 Januari 2009. Meski sudah dibuat, tidak serta Mario menggunakannya. Padahal sang istri -ibu Linna Teguh-, berkali-kali mengatakan bahwa di masa depan akan menjadi trend yang cukup baik.

Setelah 5 bulan dibiarkan menganggur (baca: tidak reguler meng-update status dan menjawab beberapa fans), akhirnya sekitar bulan Mei 2009, Mario mulai intens. Ia masih ingat, ketika pertama kali dipublikasikan, jumlah fans-nya baru sekitar 300-an orang. Belakangan jumlah orang yang “melamar” jadi fans-nya per hari bisa mencapai 5.000 sampai 6.000 orang. Tepat 2 tahun 11 bulan, dan 5 hari, FB Mario Teguh pun mencapai 5 juta fans.

Selain karena selalu menyebar kebaikan, sehingga orang tertarik menjadi fans-nya, Mario juga memperlakukan FB seolah sebagai sebuah organisasi atau ia menyebutnya seperti bank. “Saya menerapkan sistem service exellence, dimana dalam menjalankan FB kami punya admin-nya dan saya adalah chief service officer-nya,” kata lulusan Sophia University, Tokyo, Jepang jurusan International Business dan Jurusan Operations Systems, Indiana University, Amerika Serikat, 1983 (MBA) ini.

Dengan pola layanan yang super, FB Mario Teguh mendapat sambutan luar biasa. FB bukan lagi sebagai social media yang sekadar update status yang tidak penting, tetapi justru menjadi ajang penyebar kebaikan. Dan Mario melihat perkembangan itu melalui komentar-komentar atas update status, baik kata-kata bijak maupun kalimat positif tentang kebaikan, dimana semua dilakukan dengan konsep kebaikan universal.

Saya juga terbantu dengan program Golden Ways di Metro TV,” aku Mario. “Sebab dengan sistem yang terintegrasi atau multimedia, misi akan tercapai. Dan kami melakukan itu baik lewat FB, televisi, internet, dan belakangan kami sedang membuat sistem dengan menggunakan telepon selular”.

Tentu sebuah kebanggaan bagi Mario, bahwa ada 5 juta fans yang bergabung di FB. Seperti tulisan saya sebelumnya, bahwa ke-5 juta fans tersebut tidak sekadar menjadikan teman Mario Teguh, tetapi mereka setiap hari aktif mengomentari status di FB yang dibuat Mario. Menurut ibu Linna, jika dihitung total interaksi fans Mario Teguh tiap kali ada posting-an baru di FB mencapai 20 ribu sampai 30 ribu fans. Luar biasa bukan? Tak heran jika situs All Facebook sempat menulis artikel dengan judul “Mario Teguh Has Facebook’s Most Engaging Page”, karena paling interaktif . Per Juli 2011, interaksi per bulan fans Mario Teguh mencapai 1.066.399 orang. FB-nya mengalahkan interaksi fans Lady Gaga di FB yang cuma 817.657, padahal jumlah fans-nya 39.336.157 orang. Juga mengalahkan Justin Bieber yang punya fans di FB sebanyak 31.993.916 orang, tetapi interaksi per bulannya cuma 831.125 orang.

Oleh karena jumlah fans FB dan interaksi-nya cukup besar, Mario Teguh dan tim IT-nya tengah mempersiapkan alternatif social media. Luar biasanya, social media ini produksi tim Mario Teguh sendiri. “Ya bisa dikatakan FB versi Mario Teguh,” ujar pemilik acara Mario Teguh Golden Ways (MTGW) di Metro TV yang tayang setiap Minggu ini. “Namun social media buatan kami ini masih tetap berintegrasi dengan FB.

Tujuan dibuatnya social media ala Mario Teguh ini lebih menjaga keamanan dari ke-5 juta fans di FB tersebut. “Banyak teman di FB yang mengatakan pada saya, agar perlu mengantisipasi jika FB terjadi crash. Nah, agar tidak menimbulkan risiko yang tidak kita inginkan, maka kami sedang menggarap social media yang mirip dan menduplikasi apa yang sudah dijalankan oleh FB. Bedanya, kalo FB dijalankan dengan menggunakan sistem yang dibuat oleh Mark Zuckerberg, sedang social media yang kami buat sistemnya dijalankan oleh tim Mario Teguh,” papar pria yang pada tahun 2010 sempat meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai motivator dengan halaman penggemar FB terbesar di dunia ini.

No comments: