Monday, December 12, 2011

CHARITTY SETTINGAN: "TV MERAH ITU TERPELESET LAGI

Acara charity yang tadi itu acara settingan buat acaranya tvOne, nanti yang buat Nando, mbak bikin Broadcast Message aja, nanti kubantu cariin donator

Kalimat itu keluar dari mulut Fifie Buntaran (model dan bintang sinetron) pada Valencia Mieke Randa beberapa saat setelah acara Charity Fashion Show (19/11). Wajah Valencia kaget. Wanita yang akrab disapa Silly ini tak menyangka jika malam amal untuk menghimpun dana untuk Nando di Hotel Sheraton, Gunung Sahari, Jakarta Pusat itu charity setting-an alias bohong-bohongan.

Di charity tersebut, tvOne diundang Fifie untuk meliput aktivitas Fifie yang akan diangkat di program acara Socialite. Silly kemudian mohon ke pihak tvOne dan Fifie untuk tidak menampilkan gambarnya dan foto Nando di program Socialite. “Saya tetep kontak kedua belah pihak, baik Fifie maupun tvOne. Saya bilang, mbak tolong saya gak ikut campur soal settingan. Tolong semua gambar saya dan foto Nando tidak ditampilkan,” pinta Silly.


Sehari sebelum program Socialite ditayangkan, Silly mendapat konfirmasi dari tvOne, bahwa rekaman acara charity settingan itu di-cut. Namun ternyata ketika Socialite ditayangkan, Silly melihat ada insert foto Nando yang dibawa oleh seseorang dan gambar dirinya sedang membawa tulisan tentang Nando. Memang menurut Silly, dalam tayangan tersebut tidak dijelaskan acara amal tersebut untuk Nando (anak penyandang gagal ginjal) dan Silly pun tidak sedang tampak memberi sambutan. Namun munculnya gambar tersebut tetap membuat Silly marah dan protes di blog dan twitter.



Fifie Buntaran dan Melinda Dee.

Mereka pintar, mereka bermain di grey area dan tidak mau rugi dengan tetap menayangkan acara tersebut,” ucapnya.


Dalam pembelaannya, Fifie mengatakan, Silly telat datang di acara amal, sehingga uang hasil amal diserahkan kepada pihak lain yang juga membutuhkan. Fifie menyesalkan, kenapa Silly tidak datang tepat waktu saat acara amal berlangsung. Padahal Silly diundang untuk briefing acara pukul 10.00 WIB, selanjutnya acara berlangsung pukul 14.00-18.00 WIB. Sementara Silly datang hampir pukul 18.00 WIB, dan acaranya sudah mau selesai, sudah penutupan.

Kebetulan saya kenal banyak teman di tvOne. Penasaran ingin tahu duduk persoalan sesungguhnya, saya pun berusaha mencari tahu, apalagi saya kenal dengan Produser program Socialite tersebut. Sayang, saya tidak bisa berhubungan langsung ke Produser, begitu pula dengan Reporter yang malam itu meliput Charity Fashion Show yang dibuat Fifie, yakni sdri. Rey (Production Assistance).

Beberapa teman saya di tvOne bersikeras mengatakan, bahwa yang menjadi “problem” adalah Fifie. Wanita yang sebelumnya dikabarkan sempat mengundang wartawan infotainment meliput dia berjumpa dengan sahabatnya Melinda Dee di rumah tahanan ini tidak menginformasikan tentang charity settingan ini pada tvOne. Namun bodoh-nya, tvOne tidak meng-cross check lagi tentang event tersebut.

Si Rey itu tahu kok charity itu settingan,” ujar teman saya via Blackberry Massage (BBM). “Ia juga menjamin kalo gambarnya Silly akan di-cut.”

Jika melihat kronologis di atas, tvOne jelas tetap salah. Meski yang membuat charity setting bukan tvOne alias kru tvOne cuma meliput, namun tvOne melanggar janji yang sudah diutarakan ke Silly. Melalui PA-nya, tvOne sudah berjanji tidak menayangkan hasil liputan tersebut, tetapi ternyata tetap saja tayang. Andai saja janji tersebut dijalankan, barangkali kasus ini tidak akan happening di dunia social media. Terlebih lagi Silly punya banyak followers di twitter, terkahir 14.452 followers.

Dalam tweet-nya, Silly menulis: “Teman-teman, tolong jangan salahkan mbak Rey. Dalam hal ini dia sudah berusaha keras bicara pada Produser-nya sampai berbusa katanya, supaya gambar saya diangkat. Tapi keputusan tetap pada Produser-nya. Dia bilang ke mbak Rey, ‘Kalo ada yang keberatan, suruh layangkan surat ke tvOne, which is buat saya buang-buang waktu“

Bagi saya, tvOne kembali “terpeleset”. Sudah beberapa kali “TV merah” (sebutan untuk tvOne, karena memiliki logo dan seragam warna merah) “terpeleset”. Barangkali Anda belum lupa kasus Indy Rahmawaty. Presenter di tvOne itu dituduh Mabes Polri menayangkan makelar kasus (markus) palsu bernama Andris Ronaldi. Mabes Polri kemudian mengadukan Indy ke Dewan Pers atas dugaan merekayasa pemberitaan markus. Markus yang diwawancarai Indi di acara Apa Kabar Indonesia (tvOne) ternyata seorang tenaga lepas di media hiburan.

Saat saya menulis tulisan ini, teman saya dari tvOne mengabarkan pihak tvOne sedang berusaha menyatukan Fifie dangan Silly. TV merah ini nampaknya ingin “mendamaikan” kedua wanita ini. Maklumlah, di social media -khususnya di twitter-, kasus ini sedang heboh-hebohnya.

Silahkan simak timeline berikut ini yang di-posting @justsilly yang ditujukan ke @Indiartopriadi, salah seorang Manager di tvOne.

@justsilly Valencia M R (Silly) @Indiartopriadi Tidak ada sumbangan sepeserpun untuk nando.. If you were me… how would you feel…

49 minutes ago

@justsilly Valencia M R (Silly) @Indiartopriadi Udah saya warning berkali2, krn sy cuma ingin gambar sy tdk tampil, gak pgn diliat org hadir di acara charity, pdhl….

54 minutes ago

@justsilly Valencia M R (Silly) @Indiartopriadi Klo mas bisa berempati, pasti mas bs ngerasain apa yg saya rasain. Sy sudah minta agar tidak sedikitpun gambar sy disana..

55 minutes ago

@justsilly Valencia M R (Silly) @Indiartopriadi Setelah acara seleai, tv bubar, sudah direkam, dan mas dikasih tau klo itu acara settingan buat TV… perasaan mas gimana?

56 minutes ago

@justsilly Valencia M R (Silly) @Indiartopriadi Dan anda menyaksikan ada org nge-bid baju smp 100juta demi org yg mau anda tolong, perasaan mas gimana? senang? sama…

57 minutes ago

@justsilly Valencia M R (Silly) @Indiartopriadi Klo mas ada disana, terlepas dari mas sebagai org TVOne, mas memposisikan diri sbg saya, org yg tulus mau nolong orglain

58 minutes ago

@justsilly Valencia M R (Silly) @Indiartopriadi Mau jarak jauh, mau jarak dekat, mau cuma 1 detik sekalipun, sy tetap ada disitu, dan sy keberatan krn itu acara rekayasa..

59 minutes ago

@justsilly Valencia M R (Silly) @Indiartopriadi Klopun mau ditayangkan, sy sdh minta dari awal supaya Gambar sy tidak ada satupun yg tampil disitu..

1 hour ago

@justsilly Valencia M R (Silly) @Indiartopriadi Terlihat tampail diacara tsb. Dan Pihak TVOne tau (lihat BBM Rey) klo ini acara penipuan, jadi harusnya gak usah ditayangkan

1 hour ago

@justsilly Valencia M R (Silly) @Indiartopriadi Tidak pernah bilang itu murni settingan TVOne. Yang jelas Charity lelang baju itu MURNI rekayasa, dan sy sangat keberatan

1 hour ago

@justsilly Valencia M R (Silly) @Indiartopriadi As far as I know, bahwa cara Sosialite itu acaranya TVOnbe: YES, tp bhw itu settingan TVOne atau bukan, sy tdk tau dan…

1 hour ago

@justsilly Valencia M R (Silly) @hansdavidian @karniilyas Itu yg bikin sy sangat kecewa pada TVOne. Sdh tau ini acara settingan (liat BBM Rey), tp masih ditayangkan

1 hour ago Favorite Retweet Reply



foto: dok. detikNews

No comments: