Saturday, April 16, 2016

BELAJAR BISNIS # 1: KEBANYAKAN TEORI, NGGAK JALAN-JALAN

Dunia usaha bukanlah dunia teori. Setidaknya kalimat tersebut saya simpulkan, setelah beberapa tahun ini menjalankan usaha. Please jangan membayangkan saya pengusaha besar dan sukses. Belum. Insya Allah saya akan menjadi pengusaha sukses. Aamiin...

Back to topic. Saya mengawali usaha dari masuk salah satu perusahaan Multi Level Marketing (MLM) terbesar di dunia. Di MLM, saya digojlok sedemikian rupa. Selain dibekali ilmu membangun jaringan dari para mentor (kalo di MLM biasa disebut upline), saya praktek langsung di lapangan. Mulai dari praktek mengajak orang untuk ikut presentasi, hadir ke seminar, maupun melakukan persuasi agar orang tertarik untuk membeli produk atau jadi member.

Barangkali ada sebagian orang yang sudah merasakan bisnis MLM dan keluar, merasa sebel. Nggak suka dengan MLM lagi. Namun bagi saya, sedikit banyak MLM banyak ngasih bekal ilmu. Nggak cuma belajar berkomunikasi dengan calon pembeli, tetapi juga kesabaran (karena banyak ditolak pelanggan atau calon anggota), juga kepercayaan diri.

Bagaimana pun MLM tetaplah bisnis. Kalo kata buku Robert T. Kiyosaki, MLM dianggap bukan bisnis konvensional, tetapi network marketing. Bertahun-tahun saya melakukan network marketing dan akhirnya beberapa tahun ini saya justru tertarik menjalankan bisnis konvensional. Memiliki bisnis tanpa harus mencari member, tanpa harus takut dikatakan crosslining, membeli kaset atau datang ke pertemuan.

Tanpa teori-terori, saya memberanikan diri bisnis bebek. Jadi begini awalnya, kenapa saya pilih bisnis bebek. Ada seorang teman yang dulu punya usaha bebek di sebuah kantor. Ia menggunakan mobil van, dimana saat dagang, kap belakang dibuka. Di kap belakang ada puluhan bebek mentah siap goreng. Lalu, peralatan masak dikeluarkan. Nampaknya dagangan teman saya laku keras. Namun, hampir lebih dari setengah tahun setelah pindah kerja, ia nggak meneruskan dagang bebek lagi.

Suatu hari, saya memberanikan diri untuk meneruskan usaha bebeknya itu. Saya bilang ke teman, bahwa saya ingin punya usaha dan minta tolong dibimbing. Sebagai calon pengusaha, kita perlu mentor. Ya, kayak di bisnis MLM lah, ada upline yang selalu membimbing. Bimbingan mentor berguna agar kita nggak salah arah.

Sebelum teman saya, sebetulnya ada mentor lain yang seringkali memberikan motivasi dan dorongan agar saya segera buka usaha. Namun, berkali-kali saya ragu. Saya selalu melakukan analisa A, B, C, dan seterusnya. Saya pun selalu berteori ini dan itu. Gara-gara melakukan analisa dan teori, makanya bertahun-tahun saya nggak berani bikin bisnis. Yang ada saya cuma digolongkan sebagai pengamat bisnis.

"Tapi saya nggak mau franchise, Cak. Modal saya nggak kecil," begitu ucapakan saya pak teman yang punya bisnis bebek. Saya biasa panggil "Cak" pada teman saya itu. "Saya cuma bisa beli bebek mentah yang sudah dibumbui dan sambal..."



Bisnis bebek teman saya sudah maju. Sudah punya nama dan memang sudah ada hitung-hitungan bagi mereka yang tertarik untuk kerjasama. Tentu saja bentuk kerjasamanya franchise. Namun, alhamdulillah, saya nggak dikenakan kerjasama franchise yang bisa capai puluhan bahkan ratusan juta, tetapi menyetor modal awal yang termasuk uang kerjasama yang cuma dibayar sekali dalam seumur hidup.

Alhamdulillah, per Januari 2015 lalu, usaha bebek saya mulai jalan. Nama usaha bebek saya adalah BEBEK PARIS. Kenapa ada kata PARIS-nya? PARIS di situ adalah singkatan PASTI LARIS. Saya mendapat ilmu dari pengusaha, bahwa nama bisnis adalah doa. Maka buatlah nama usaha yang baik. Nah, buat saya PARIS adalah doa. Doa agar bebek saya pasti laris dan kelak mendunia sampai ke Paris. Aamiiin...

Kalo teman saya menggunakan mobil van, saya cuma menggunakan gerobak. Maklumlah, modal saya cekak. Nggak sanggup membeli mobil van, cuma sanggup beli gerobak. Meski gerobak, namun buat saya yang penting sudah nyebur jadi pengusaha. Bisnis bebek saya anggap sebagai pelajaran bisnis yang nyata. Nggak cuma teori, tetapi langsung nyebur. Byuur!

(bersambung)
  

+PengusahaHebat.com +Usaha Sampingan +Pengusaha Muslim Indonesia +pengusahamuslim





No comments: