Monday, August 3, 2009

BEDA TOKO, BEDA HARGA

Dalam rubrik Redaksi YTH di Kompas, Sabtu, 1 Agustus 2009, Gustinus Bayuaji mengeluh soal harga yang ada di Carrefour. Dalam keluhan berjudul Harga Carrefour Jauh Lebih Mahal, Bayuaji menceritakan sepeda lipat (seli) yang dia beli di Carrefour jauh harganya dibanding di toko sepeda di kawasan Kemang.

Di Carrefour, harga seli Rp 2.499.000, sedangkan di toko sepeda Kemang harganya Rp 1.800.000. Artinya, selisih harga di Carrefour dan di toko itu jauh sekali, yakni Rp 699.000. Gokil nggak tuh?


Ini Carrefour Cempaka Putih yang menjadi tempat belanja bulanan langganan keluarga gw. Selain nggak begitu rame yang belanja, tempatnya dekat dari rumah.

Bukan cuma selisih harga yang bikin Bayuaji mengeluh, tapi promosi Carrefour yang ternyata dianggap sebagai bentuk kebohongan publik terhadap konsumen. Masa sih? Anda tahu, promosi Carrefour adalah berjanji akan membayar selisih harga suatu barang jika harga di tempat lain lebih murah. Nah, ketika Bayuaji ingin minta selisih harga selinya itu, eh jawaban pihak Carrefour, dalam hal ini Pak Lutfi, adalah: (1) keluhan penggantian selisih harga hanya dilayani bila disampaikan pada hari yang sama pada saat belanja hari itu; (2) perbandingan selisih harga tidak dengan sembarangan toko, melainkan hanya pasar sejenis. Dalam hal ini Hero, Supeindo, dan Hypermart.


Ini foto seli yang dikomplain oleh Bayuaji yang gw potret di Carrefour, Cempaka Putih. Kebetulan kok, selinya kayak seli punya gw ya? Untung gw nggak beli seli di sembarangan toko. Ibarat kata, kalo beli obat, mbok ya beli di Apotik, jangan di toko pinggir jalan. Kalo obatnya palsu atau bajakan, komplain sama siapa hayo? Masa sama Pembajak obat?


Dalam penutup di surat itu, Bayuaji menulis: "Sekarang jelas bagi saya: harga di Carrefour jauh lebih mahal!"

Ah, seharusnya Bayuaji udah ngerti dan nggak usah komplain sama Carrefour soal selisih harga. Bukankah beda toko, beda harga? Tapi buat Carrefour, ya jargon promosinya mbok lebih diperjelas lagi kali ya? Supaya nggak disangka membohongi Customer. Gw yakin, Carrefour nggak ingin citranya ambruk cuma gara-gara seli, bukan begitu Carrefour?

all photo copyright by Brillianto K. Jaya

1 comment:

Anonymous said...

Toko sepeda yg dikemang dimananya? kebetulan mau beli sepeda jd pengen liat2..