Saturday, May 14, 2016

KOK TUGU KEK GITU BERBIAYA 1 MILIAR?

Ketika berkunjung ke Pekanbaru, saya menyempatkan diri mampir ke sebuah tugu. Biasanya, setiap tugu punya kisah tersendiri. Hal yang sama terjadi pada tugu yang terletak di jalan Cut Nyak Din I ini. Kisah pertama, tugu ini punya nilai historis, yakni sebagai tugu Countdown PON XVIII Riau. Sebagaimana sebagian dari Anda tahu, PON sempat dilaksanakan di Riau.

Kisah kedua, yang sangat menyesakkan adalah, tugu ini menghabiskan dana senilai Rp 1,6 miliar. Kenapa menyesakkan? Ya, Anda lihat saja sendiri foto di bawah ini, apakah harga pembangunan tugu ini semahal itu? Saya yakin, Anda akan bertanya-tanya dan geleng-geleng kepala...

"Kok tugu kek gitu berbiaya 1 miliar?"



Itulah kenapa pada 2012 lalu para mahasiswa  yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Riau berdaulat yang terdiri dari BEM Unri, BEM UIN, BEM UMRI, BEM UIR, Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI), PD KAMMI Riau, dan Gerakan Mahasiswa Pembebasan protes. Bahkan berteriak lantang buat menyeret sang Gubernur untuk segera di-KPK-kan. Perjuangan mahasiswa berhasil. Gubernur Riau kala itu, yakni Rusli Zainal, di-KPK-kan, karena skandal suap dana venue PON XVIII Riau. Salah satu skandal itu ya tugu Countdown PON XVIII.

Ketika saya memfoto, dan sampai tulisan ini dibuat, saya masih nggak percaya, biaya produksi tugu ini 1 miliar. 

"Korupsinya gede bingits! Kebangetan emang!"


No comments: