Sunday, May 29, 2016

MELACAK JEJAK JAWARA BETAWI EPS # 1 BANG MADA

Pagi itu kebetulan saya ada acara di kampung Makasar, Kramat Jati, Jakarta Timur. Sebelum ke kampung Makasar dan bertemu dengan beberapa orang, di pikiran saya, kampung ini merupakan kampung tempat orang-orang Makassar, Sulawesi Selatan. Ternyata...saya salah duga!

Makasar adalah sebutan untuk kampung yang dahulu kala banyak didiami orang kasar. Di kampung ini, muncul sejumlah jawara-jawara Betawi yang membantu dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Nah, ketika saya berada di kampung ini, munculah nama salah seorang jawara tersohor. Ia bernama Samada alias Bang Mada.

Berbekal nama Bang Mada, saya melakukan penelusuran. Mulai dari menanyakan Tukang Parkir di jembatan atas tol yang menghubungan antara wilayah Kramat Jati dan wilayah Makasar, lalu tanya warga yang kebetulan tinggal di dekat rumah peninggalan Bang Mata.

"Rumahnya nyang entuh (maksudnya "yang itu"), nyang di pojok, jualan air isi ulang," ujar salah seorang warga.

Alhamdulillah saya berhasil menjumpai istri dan dua orang anaknya. Awalnya mereka ragu memberikan keterangan tentang Bang Mada. Saya malah diantar ke keponakan Bang Mada, yang kata mereka sebagai saksi hidup. Namun, keponakan Bang Mada yang usianya sekitar 70-an ini pun ogah direkam kisahnya.

Setelah diping-pong sana-sini, akhirnya saya berhasil mewawancarai istri Bang Mada dan anaknya. Hasil wawancara ini saya videokan. Berikut video hasil wawancara saya tentang Bang Mada, jawara Betawi asal kampung Makasar, Kramat Jati ini.


No comments: