Sunday, April 12, 2009

NGGAK ADA IDE ORISINIL

Sumpah! Sebelum kenal dengan teori Plato, gw nggak ngerti posisi Palagiator ada dimana. Maksdunya, selama ini kita Plagiator selalu diseserang oleh manusia yang katanya punya ide orisinil. Begitu tahu teori mimesis-memeseos-nya Plato, otak gw jadi nggak didengkul lagi.



Bahwa ide yang ada sekarang adalah tiruan dari tiruan sebelumnya (mimesis-memeseos). Jadi nggak ada yang orisinil! Ide adalah sebuah representasi. Kata "representasi" untuk menggantikan kata kasar "plagiat". Jadi kalo ada manusia yang bilang "itu ide gw", itu salah besar! Nggak ada yang namanya "ide gw". "Ide gw" udah ada sebelum manusia itu mencap idenya itu adalah "ide gw". Makanya kalo ada program televisi yang hampir mirip, ya nggak masalah dan nggak bisa langsung dicap si pembuat program itu Plagiator.

Berarti nggak ada dong ide orisinil?

Kalo mengacu pada teori Plato, kayaknya begitu. Kenyataannya, nggak ada ide baru yang muncul dalam khasanah di dunia ini. Semua ide berasal dari ide sebelumnya dan dikasih bumbu sana-sini sedikit sehingga terlihat baru. Lihatlah program-program televisi. Adakah ide baru? Semua ganre hampir sama, mulai dari Infotainment, veriaty show, sampai program musik. So, jangan takut dicap Plagiator, sing penting berkarya aja terus, bro!

No comments: