Sunday, March 29, 2009

KENAPA KENCING HARUS JONGKOK SIH?

Gw nggak nyangka masih ada sebagian masjid yang melarang jama'ahnya kencing jongkok. Kok kencing harus jongkok? Emangnya kencing nggak boleh berdiri? Kalo jama'ah yang biasa kencing berdiri apa dipaksa harus jongkok. Nggak demokratis!



Menurut gw masjid-masjid yang memaksa Jama'ah-nya buat kencing jongkok melanggar hak azasi jama'ah. Bukankah Islam menghormati hak azasi manusia? Demokratis? Kecuali ada seruan wajib "kencing jongkok", itu mah nggak bisa ditawar-tawar lagi. Kita kudu mengikuti, soalnya kalo nggak kita lakukan (maksudnya kencing dengan gaya jongkok), kita berdosa.

Beda banget kalo kencing jongkok adalah Sunnah, itu artinya kalo nggak dilakukan nggak berdosa. Artinya, ummat bebas memilih. Yang ada, kalo gw ketemu masjid yang mewajibkan kencing duduk, gw terpaksa tengok kiri-kanan. Kalo nggak ada yang ngeliat, gw kencing berdiri. Giliran ada yang ngeliat pura-pura jongkok alias pura-pura kencing.

No comments: