Sunday, March 8, 2009

SERING-SERING KAYAK GINI YA PAK KUMIS...

Pas pemilihan Gubernur DKI Jakarta tempo hari, terus terang gw nggak nyobolos Fauzi Bowo. Ada banyak alasan kenapa gw nggak tertarik pilih doi. Dua diantaranya, doi bukan dari kalangan militer. Menurut gw, ngatur orang yang tinggal di Jakarta kudu bertangan besi kayak Sutiyoso. Maklum, banyak yang nggak disiplin dan selfish.

Dengan tangan besi, mereka yang sok preman bisa dilibas. Gubuk-gubuk liar, tukang-tukang yang mengganggu Pejalan Kaki, dan beberapa hal lain tanpa basa-basi langsung digusur. Nggak mungkin berani gusur kalo Gubernurnya bukan dari kalangan militer dan nggak punya tangan besi.


Kendaraan bermotor dilarang masuk jalur cepat. Ada juga motor yang nekad, meski akhirnya ketahuan polisi juga.


Terus terang gw setuju gusur menggusur yang dilakukan Bang Yos. Kalo bukan karena tangan besi doi, nggak mungkin Jakarta jadi rada "bersih" dari Pemulung. Jakarta jadi nggak lagi bersarang pasukan Kapak Merah yang biasa mangkal di perempatan Cempaka Putih.

Tapi banyak hal yang dilakukan Bang Yos yang nggak sempat dikelarin dan mencurigakan banyak pihak. Sebut saja contoh proyek Monorail dan beberapa koridor busway. Buat tiang-tiangnya udah bikin macet, buat halte buswaynya udah bikin lalu lintas padat, eh begitu kelar proyeknya terbengkalai.

Hal kedua kenapa gw nggak pilih Fauzi Bowo, karena gw geli sama Kumisnya. Padahal saat pemilihan Gubernur tempo hari, jargon doi: "Coblos Kumisnye". Ternyata jargon itu nggak ngaruh buat gw. Sekali lagi, gw geli lihat kumisnya.

Namun pagi ini, gw salut sama Bang Kumis Gubernur kita. Pasalnya, hari ini hari pertama jalanan sepanjang Kuningan ditutup. Dari jam 06:00 sampai jam 14:00, jalan besarnya khusus buat mereka yang mau berolahraga.

Gw puas banget memanfaatkan jalan Kuningan yang gw kenal sebagai jalan yang juga macet tiap hari kerja. Sambil cari keringet, gw ngayuh sepeda dari ujung Kuningan yang ke arah Mampang menuju ujung Kuningan yang ke arah Menteng. Nggak tanggung-tanggung, pagi itu gw bisa bolak balik dua kali. Widih!


Sepi euy! Jalan ini biasanya macet tiap pagi dan sore. Pagi itu, serasa jalan milik sendiri.


Gara-gara acara tutup-mentutup Kuningan, gw jadi tahu tahun pembuatan jembatan layang Kuningan yang ada monumen Angkatan 66, yakni tahun 1976. Artinya dua tahun setelah kelahiran gw. Sekarang, jembatan layang yang diresmikan Ali Sadikin itu udah direnovasi. Sekarang lebih luas dan nggak jadi bottle neck lagi alias titik kemacetan.


Monumen angkatan 66 yang ada di samping hotel Four Seasson, sempat dipindah tempat, gara-gara pelebaran jembatan layang Kuningan.


Sebetulnya gw nungguin sohib-sohib gw yang tergabung dalam Bike to Work buat rendenvouz di Kuningan. Entah kenapa Kang Edon, Bang Sora, Kang Ucup, Bang Rosihan, Kang Asep, Bang Remy, dan Kang Veven kagak muncul-muncul. Pasti mereka masih sibuk benerin selimut karena kedinginan. Padahal kapan lagi menikmati jalanan Kuningan tanpa kemacetan.


Kapan lagi main bola di jalanan?


Moga-moga aja hari tanpa sepeda di Kuningan kayak begini, bukan cuma hari ini. Sering-sering aja kayak begini ya Pak Kumis. Kalo ente bikin rutin, sapa tahu gw bisa mengerahkan masa buat mencoblos ente Pak Kumis di periode berikut. Lumayan kan gw punya sekitar 10 orang dari keluarga inti gw. Nanti gw bilang ke masa gw, coblos kumis ente deh Pak Kumis. Bagusnya kumis yang kanan ato kumis yang kiri ya Pak?


all photos copyright by Brillianto K. Jaya

No comments: