Wednesday, February 4, 2009

MEMBERSIHKAN KOTORAN

Manusia normal dimana pun di dunia ini selalu ingin hidup bersih. Konon katanya, kebersihan adalah sebagian dari iman. Buat yang nggak tahu maksudnya iman, percaya aja kalo ada pepatah begitu. Pepatah yang dimaksudkan agar kita selalu hidup bersih.

Agar bersih, kita harus membersihkan diri. Nggak cuma sekali dua kali. Tapi harus sesering mungkin kita membersihkan diri. Mandi kalo perlu nggak cuma dua kali dalam sehari. Kalo perlu selain mandi pagi dan sore, kita kudu mandi siang dan tengah malam. Yang udah dilakukan manusia di luar dari kebiasaan adalah menggosok gigi. Kalo lazimnya kita menggosok gigi bertepatan dengan jumlah kita mandi, ada sebagian orang menggosok gigi tiap kali makan. Kalo jumlah makannya tiga kali, ya tiga kali gosok gigi. Kalo jumlah makannya lima kali, ya gosok gigi lima kali. Jumlah segitu belum termasuk makan dalam kategori ngemil.

"Selain gigi cemerlang, bekas-bekas makanan segera hilang," kata temen gw penikmat gosok gigi ba'da makan.

"Gigi loe boleh cemerlang, tapi hati-hati email yang ada di gigi loe itu bakal hilang," ucap gw. Gw nggak asal jeplak ngomong. Kata dokter, email yang ada di gigi itu kudu dijaga. Kalo nggak dijaga, gigi loe akan ngilu. Oleh karena itu, nggak disarankan gosok gigi kebanyakan. Lagipula hidup loe akan boros, bo! Boros beli odol.

video

Soal bersih-bersih juga berlaku di mobil yang elo miliki. Udah dijadwalkan, minimal seminggu sekali, gw cuci mobil. Kalo tiap hari cuma dibilas-bilas pake sedikit air, giliran weekend, mobil kudu dibanjur pake banyak air. Byur! Kasihan lah yau mobil nggak dimandiin. Sebenarnya memandikan mobil cuma weekand-an juga nggak patut dicontoh. Kenapa? Wong orang mandi sehari dua kali, sebaiknya mobil tiap hari dimandiin. Apalagi di musim hujan kayak begini. Soalnya, kalo kelamaan didiamkan, kotoran-kotoran bekas cipratan nggak bagus terlalu lama nempel di bawah mobil atau di body mobil.

"Kalo mobil bisa garuk-garuk, pasti doi akan menggaruk-garuk kayak manusia menggaruk kalo lagi gatel".

Manusia bersih, mobil bersih. Itu sesuatu yang sangat sempurna. Namun kenyataannya, manusia nggak akan pernah bersih. Biar kita udah mandi tujuh kali dalam sehari. Biar gigi kita digosok sesering kita makan, tapi yang namanya manusia pasti nggak akan pernah bersih. Apalagi kalo manusia itu udah memutuskan masuk ke dunia politik. Maaf banget, mereka yang sebenarnya awalnya jujur, terpaksa kudu membelokkan nilai-nilai kejujurannya agar bisa sukses berhubungan dengan lawan politik atau warga masyarakat.

"Jadi gimana dong supaya mereka yang jujur akan tetap jujur ketika masuk ke dunia politik? atau mereka yang udah lama terjun ke politik dan dianggap kotor menjadi bersih lagi, jujur lagi?"

"......."


video by Brillianto K. Jaya

No comments: