Sunday, January 11, 2009

MENDING IKUT NIKAH MASAL DEH!


Mungkin udah ada yang tahu kalo gw baru aja melangsungkan pernikahan untuk yang kedua kali. Pernikahan gue kali ini relatif sederhana, yakni di sebuah gedung pertemuan di daerah Pejompongan, Jakarta Barat. Beda banget dengan pernikahan gw pertama di salah satu Hotel berbintang lima di Jakarta Selatan, dimana waktu itu dihadiri oleh kurang lebih 1000 undangan.

Gue sebenarnya agak malu membuat resepsi pernikahan kali ini. Ya iyalah, tamu-tamu yang diundang sebagian tentu adalah tamu-tamu yang gw undang di pernikahan pertama gue. Sodara-sodara gw, temen-teman SMA gw, temen-temen kuliah gw, kenalan-kenalan ortu gw, dan tetangga-tetangga gw. Niatnya cuma mau ngundang 200 orang, eh jadi membludak 500 undangan.

Tadinya gw bilang ke istri gw, resepsi nggak usah dibuatlah. Cukup akad nikah aja. Toh, kami sudah resmi secara negara maupun agama. Tapi itu kan maunya gw. Nah, maunya istri gw dan keluarga besarnya beda banget. Maklumlah, buat dia, ini pernikahan pertama dan harusnya terakhir.

Awalnya, keluarga besar istri gw mau merayakan di Puncak pas. Alasannya, bokap istri gw suka suasana Puncak yang sejuk merayu. Ada view pohon teh, kabut yang turun naik, dan tukang-tukang jualan yang ada di pinggir jalan. ”Suasananya mengingatkan saya waktu kuliah di Afrika dulu,” kata bokap istri gw. Tamu yang bakal diundang pun jumlahnya 2000 orang. Gw ngerti bokap istri gw ini Pejabat yang pasti relasinya bejubun. Tapi kalo undangannya sampe 2000 orang bisa-bisa Puncak akan semakin macet parah. Udah gitu, gw pasti akan gempor ngeladenin para undangan. ”Kenapa nggak di lapangan bola aja, Om?” tawar gw pada mertua waktu itu.

Buat yang udah pernah married, pasti ngalamin hal-hal kayak begitu. Sering terjadi tarik menarik antara dua keluarga. Sementara keluarga A minta begini, eh keluarga B mintanya lain lagi. Gw inget banget waktu pernikahan pertama, memakai adat apa itu perlu setahun untuk memutuskan. Sementara gw asli Betawi, istri gw asli Timor Timur. Makanya waktu itu, karena kelamaan, gw putuskan memakai adat setengah-setengah. Dari perut ke atas memakai adat Betawi. Sementara dari perut ke bawah memakai adat Timor Timur. Adil bukan?

Untuk makanan pun supaya adil, gw nggak pesan makanan dari Betawi atau Timor Timur. Kenapa? Ya, nggak asyik lah masa orang daerah makan makanan daerah itu pula. Bosen lah yau! Ini juga untuk membentuk sebuah toleransi sosial. Makanya gw putuskan pesan gubuk dari berbagai propinsi, di luar Betawi dan Timor Timur. Ada gubuk Padang yang berisi sate padang. Ada gubuk Menado yang menyajikan ikan tude. Ada gubuk Makassar yang berisi coto Makassar. Ada pula gubuk Tegal yang menyajikan masakan khas Warteg. Khusus untuk gubuk Tegal, di depan gubuk disediakan bangku kayu panjang, mirip di warteg-warteg, supaya para tamu bisa makan langsung sambil angat kaki. Yang nggak ada cuma gubuk derita.

Kata orang, pernikahan itu memang bukan cuma untuk kita berdua. Tapi kita menikah itu juga satu paket dengan keluarga besar pria atau keluarga besar wanita. So, jangan heran kalo ada seringkali ada tarik menarik kepetingan. Inilah yang terkadang bikin cape. Bahkan ada beberapa pasangan yang membatalkan married setelah melihat iklim yang nggak kondisif seperti itu.

Gw adalah orang yang hampir membatalkan married yang kedua ini. Intervensi mertua gw kedua ini terlalu dominan. Untung gw nggak begitu terima mentah-mentah usulan-usulan keluarga besar istri gw. Gw punya prinsip dong! Apalagi ini pernikahan gw yang kedua. Akan percuma dirayakan besar-besaran tapi nantinya harus kawin lagi yang ketiga, keempat, kelima, dst.

Gw nggak ngebayang gimana perasaan Dessy Ratnasari atau Ulfa ketika melangsungkan pernikahan kedua kali, trus ketiga kali, dan kemudian kempat kali. Gw ngebayang Dessy dan Ulfa bersalaman dengan para tamu yang di pernikahan pertama sempat datang. Pasti pesan para tamu itu punya grafik statement.

”Selamat ya,” bisik ibu A di pernikahan pertama.

”Semoga kali ini awet ya,” bisik ibu A di pernikahan kedua.

”Diawet-awetin lah dengan yang ini (maksudnya pasangannya),” bisik ibu A di pernikahan ketiga.

”Kalo udah nggak suka, kasih saya ya,” bisik ibu A di pernikahan keempat.

Apa nggak malu ya si Dessy sama Ulfa? Nikah berkali-kali. Gw aja malu banget! Ups, mungkin gw yang rada bego kali ya. Ya jelas beda lah rasa malunya, gw kan bukan selebritis, mereka selebritis, yang jelas-jelas punya cadangan malu banyak. Bukankah selebitis itu juga dikenal antimalu?

Gw salut banget punya ortu yang sudah melewati 50 tahun masa perkawinan. Jelas sudah melewati masa perkawinan emas, perak, dan perunggu kali ya. Mereka masih terlihat romantis dan rukun. Foto yang elo-elo lihat di atas itu, adalah foto ortu gw saat married tahun 1913.

Gw tahu lah, mereka pasti sering konflik. Namanya juga mahkluk planet yang berbeda: Mars VS Venus. Salah satu konflik yang gw masih inget ketika hamil adik gw kelima, mereka ingin adik gw itu dijadikan wanita, karena adik-adik gw nggak ada yang berjenis kelamin wanita. Namun, nyokap gw nggak setuju, karena anak yang lahir jelas-jelas berjenis kelamin pria. Masa pria dipaksa jadi wanita? Bisa-bisa mejeng di Taman Lawang kalo kejadian.

Menurut ortu gw, ada beberapa resep jitu agar awet selama jadi suami-istri. Pertama, terbuka. Terbuka di sini bukan cuma kalo di ranjang buka-bukaan, tapi terbuka dalam komunikasi. Terbuka berarti jujur. Kita kudu jujur pada pasangan. Kalo pasangan mukanya lagi jelek, ya bilang langsung aja: ”Muka Mama jelek deh, sini Papa cubit”.

Resep kedua, sering-sering memuji. Memuji itu seperti sebuah hadiah, dimana seorang yang menerimanya akan berbinar-binar wajahnya. Pujilah pakaian istri kalo memang pakaiannya bagus. Pujilah saat istri lagi ngulek sambel: ”Ma, Mama kalo ngulek sambel seksi deh. Papa jadi pengen ML”.

Resep ketiga, don’t give up! Maksudnya kita kudu sabar menghadapi pasangan. Konflik yang terjadi itu biasa dalam perjuangan. Setiap muncul konflik, jangan inget yang bukan-bukan, misalnya inget sidang perceraian, inget pacar di kantor, inget harga cabe di pasar. Please don’t. Inget yang positif-positif aja, misal bayangkan istri kita mirip Madonna ato suami kita mirip Cinderella ato Gepeto Tua. Gali sesuatu yang menurut kita istri ato suami pernah berjasa bagi diri kita. Contoh, ketika kita mau terjun dari apartemen lt 20, istri ato suami kita sudah siap-siap menjaga kita di lantai bawah dengan kasur springbed.

Resep dari ortu itu kali ini gw pegang. Gw komit. Nggak heran, di pernikahan gw kedua ini, gw berharap akur trus sampe cucu-cicit. Karena kalo cerai lagi, gw akan ribet lagi ngurusin ini-itu, termasuk resepsi. Namun barangkali kalo benar-benar terjadi, gw dan juga gw usul ke Dessy dan Ulfa, lebih baik ikut pernikahan masal aja. Nggak perlu keluar uang banyak, nggak perlu menahan rasa malu dengan orang-orang yang sempat bersalaman dengan kita di resepsi.

No comments: