Sunday, January 11, 2009

SUKSES DALAM PERSPEKTIF GW - Episode Number 2

Ketika kita masih tolol, segala hal yang kita pikirkan maupun kita lakukan pasti juga ikut-ikutan tolol. Seperti cerita gw sebelumnya, dimana ukuran sukses seseorang cuma gara-gara pakai dasi. Ternyata gw salah besar!

Dari dasi, pencerahan gw bertambah. Ukuran sukses mulai berubah. Kali ini jauh lebih mahal dari dasi. Nggak lain nggak bukan mobil. Yap! Mereka yang berhasil punya mobil, apalagi mobil baru, gw anggap orang sukses.

Mobil adalah cermin suatu progres atau achievement dalam hidup seseorang dalam hal karir. Karir di sini tentu termasuk satu paket dengan jabatan plus salary yang dimilikinya. Nggak mungkin dong, ada orang yang awalnya naik motor trus berani beli mobil kalo orang ini nggak maju karirnya? Entah itu karir bisnis atau karir sebagai karyawan di sebuah perusahaan.

”Nggak nyangka ya si A naik sekarang naik mobil, padahal dulunya naik getek sama-sama gw,” ujar si B yang hidupnya masih S3 alias susah-susah senang.

”Betul. Padahal waktu kecilnya kalo pilek hidungnya ingusan,” kata si C mengamini ada peningkatan di karir si A.

Mobil bukan dasi. Mobil punya roda, dasi nggak punya. Namun buat gw, ketololan gw memandang orang sukses dengan melihat mobil, sama halnya ketika pandangan gw melihat orang memakai dasi. Kali ini tentu ketololan gw meningkat tinggi. Artinya gw naik level, dari cuma prespektif dasi kini ukurannya mobil.

Mari kita hitung-hitungan! Kalo karyawan berani membeli mobil seharga minimal 100 jt, itu artinya gajinya sebulan harusnya 12 juta. Sehingga kalo sudah setahun bekerja dan menabung 10 juta per bulan, dia mampu membeli mobil itu cash (10X12 = 120 jt.). Sisa 2 jt tiap bulannya untuk biaya hidup sehari-hari, meski di Jakarta seperti ini 2 jt sungguh berat. Sisa yang 20 jt-nya lagi, biar aja ditabung. Siapa tahu bisa untuk hal-hal urgent ato nambahin beli saham Bumi Resources yang murah itu.

Hitungan di atas tentu tanpa gw berpikir dimana si karyawan tinggal, bagaimana life style-nya, dan udah married apa belum. Kalo si karyawan itu ngontrak, wah hitungannya itu hangus demi hukum! Apalagi kalo life style-nya gokil-gokilan, yang tiap minggu kudu ke Starbuck, Izzi Pizza, ato tempat-tempat gaul yang bikin tekor. Nggak cukup punya biaya hidup 2 jt per bulan plus nabung 10 jt per bulan untuk beli mobil next year. Apalagi kalo udah punya anak, sementara gaya hidup-nya masih belum berubah (spend time and money in a useless way), mending ke laut ajah!

Itu pikiran relative normal. Yang nggak normalnya, gw nggak peduli dengan isi kantong karyawan yang punya mobil baru ato keren. Gw juga nggak peduli dengan jabatan si karyawan. Buat gw, begitu si karyawan udah punya mobil, dia sukses. Padahal mobilnya cuma mobil kantor yang ada logo perusahaan.
”What’s wrong with that?” Tanya karyawan soal mobil kantor yang seolah menjadi mobil pribadi karena selalu dibawa pulang.

Memang nggak wrong-wrong amat sih, tapi itu ternyata namanya pseudo sukses. Maaf bukan sirik, karena nggak dapat jatah mobil, tapi kadang gw lucu juga kalo lihat berseliweran orang naik mobil yang mobil itu dinomorin, apalagi ada logonya. Kalo si pemilik mobil lagi nyetir sendiri, mirip Driver si perusahaan itu. Kalo dia kebetulan disupirin, jangan-jangan nggak cuma mobilnya ada angka 001 atau 005, tapi di dadanya ada nomor itu juga.

Kadang si karyawan sok banget. Dengan pakaian super style, disupirin seorang Driver, padahal naik mobil perusahaan. Kadang si karyawan sok galak-galak di kantornya, padahal begitu pulang, mobilnya udah nggak ada. Mobil yang biasa dipake antar-jemput ke kantornya harus diserahkan ke General Affairs perusahaan itu, karena bannya bocor.

Ada yang bilang, lebih terhormat mencicil mobil pakai gaji sendiri daripada memanfaatkan property miilik kantor. Lebih terlihat kerja kerasnya karena tiap bulan kudu bayar cicilan mobil.

”Lah, perusahaan ngasih gw jatah mobil, masa disia-siakan? Lagipula gw belum sanggup juga bayar cicilan?”

”Kalo belum sanggup bayar cicilan, artinya elo seharusnya belum layak pakai mobil. Elo masih kudu kerja keras! Ya, naik bemo dulu deh ke kantor..”

”Nanti wajah gw jadi hitam dong…”

Ampun!

Identitas sebuah jabatan memang ada di mobil. Ketika karyawan naik pangkat, dia akan mendapatkan jatah mobil. Kalo masih agak ”rendahan”, mobilnya dikasih yang ada logonya atau logo plus nomor mobil. Kalo levelnya udah Manager ke atas, mobilnya rada-rada mahalan, mulai dari Soluna sampai ke Alphard.

”Kok Bapak itu naiknya Alphard sih,” kata si M sok mengomentarai.

”Lah, memangnya kenapa? What’s wrong? Doi kan Direktur! Masa Direktur naiknya bajaj? Ya nggak mungkin lah yau?”

“Gw juga bisa naik Alphard!”

”Emang situ oke? Situ Direktur?”

”Lah, gw tinggal naik aja di hotel Mulia. Di situ banyak Alphard. Gw cukup bayar 10 rb sekali naik, beres kan?”

“Maksud loe Alphard taksi?”

Si M nyengir.

Mau Alphard ato Soluna, dua-duanya merek Toyota yang dipake taksi. Kata orang, memang jadi nggak prestis lagi punya dua mobil itu. Soalnya ketika mobil itu lewat, banyak orang yang melambaikan tangan. Maksudnya mau naik tuh mobil, karena dikira taksi. Meski begitu, baik Alphard maupun Soluna lebih mendingan, daripada naik mobil pinjeman kantor yang berlogo.

Gw perhatikan, pasti orang ini luar biasa sukses, karena mobilnya ganti-ganti atau mobilnya built up alias diimport dari luar negeri. Padahal kalo otak normal gw berkerja dengan baik, mereka ini adalah anak-anak orang kaya atau yang terlahir kaya, kok. Yang begitu lahir langsung dipakein sepatu Nike atau Adidas. Boro-boro ibaratnya nginjek tanah, main dampu atau kasti aja mungkin belum pernah.

Padahal lagi, mereka yang mobilnya mengkilap ini dapat mobil gara-gara Ayahnya yang konglomerat itu nggak mau anaknya naik bus kota. Panas dan nggak nggak pake AC. Atau punya suami orang kaya, sementara sang istrinya cuma ngabisin alokasi dana HRD untuk karyawan yang sebenarnya lebih memerlukan gajinya daripada dia (maksudnya istri kaya itu).

”Elo nggak boleh sinis begitu dong Bos,” papar temen gw.

”Enggak! Gw nggak sinis kok, tapi cemburu,” jawab gw.

”Kalo gitu, elo nggak usah cemburu gitu dong. Cemburu itu nggak beda sama sirik, iri, atau dengki. Itu dosa Bos...”

”Wah, elo bener juga! Mulai hari ini elo gw panggil Ustadz, gimana?”

Temen gw ge’er. Hidungnya kembang kempis. Gw baru tahu, kalo keinginannya untuk dipanggil Ustadz udah lama diidam-idamkannya. Sayang, nggak ada orang yang mau panggil dia jadi Ustadz. Soalnya, temennya kabarnya punya sifat sirik, iri, atau dengki.

”Thanks ya Bos. Gw sebel sama si X. Harusnya gw udah lama dipanggil Ustadz, eh masa di X yang nggak bisa ngaji, lebih dulu dipanggil Ustadz? Sama di Y juga gw iri banget, masa dapat istri cantik, nah istri gw kayak gitu tampangnya. Kelihatan kayak cowok, kok ternyata fisiknya cewek. Cewek yang kecowok-cowokan lebih tepatnya...” ungkap temen gw.

Uh, dasar manusia!

Berhubung udah sepuluh tahun bekerja, gw kudu nunjukin pada dunia kalo gw sukses. Caranya? Gw harus pake mobil! Dengan mobil, gw akan nunjukin ke temen-temen gw yang pake mobil berlogo perusahaan, bernomor perusahaan, kalo gw sukses.

Alhamdulillah, gw berhasil membawa mobil. Bukan sembarangan mobil, tapi mobil Grand Vitara warna siver metalik. Keren banget! Peleknya crome seharga puluhan juta rupiah. Gw udah sukses!

”Lah, ini kan mobil gw? Kenapa Anda bawa?”

”Maaf Pak. Saya lagi test drive…”

”Memang Anda siapa?”

”Saya karyawan bengkel, Pak,” jawab gw memelas.

Mobil yang gw pake langsung dibawa Pemiliknya. Gw ditinggal sendirian di Kebon Teh di Puncak. Emang apes nasib gw.

No comments: